Enter your keyword

“Teknik Produksi Geotermal” book has released

“Teknik Produksi Geotermal” book has released

Teknik Produksi Geotermal (Panas Bumi) telah diajarkan di Program Studi S2 Teknik Geotermal ITB sejak tahun 2008, namun hingga saat ini belum ada buku khusus dalam bahasa Indonesia yang dapat digunakan sebagai referensi bagi mereka yang ingin mempelajari dasar-dasar teknik produksi geotermal dan memperoleh pengetahuan tentang hubungan teknik produksi dengan reservoir dan utilisasinya. Buku ini diharapkan dapat mengisi kekosongan akan ketersediaan referensi tentang dasar-dasar teknik produksi geotermal baik ITB maupun di perguruan tinggi lain yang mengajarkan teknik produksi geotermal.

Pengetahuan dasar tersebut meliputi komponen sistem produksi geotermal, sifat termodinamika fluida geotermal, dasar mekanika fluida, dasar perpipaan, prinsip-prinsip perpindahan panas, prinsip dasar aliran fluida geotermal dari reservoir ke dasar sumur, aliran fluida di dalam sumur hingga pipa alir permukaan serta fasilitas produksi permukaan (Steam Above Ground System/SAGS). Selain pengetahuan dasar, juga bagaimana mengaplikasikan pengetahuan dasar tersebut pada berbagai kegiatan, antara lain uji produksi sumur dari persiapan hingga analisa hasil uji, stimulasi sumur, simulasi atau pemodelan aliran di dalam sumur, analisa hasil Pressure-Temperature-Spinner (PTS) survey.

Buku ini secara garis besar membahas tentang sistem produksi geotermal untuk pembangkit listrik, dasar-dasar teknik produksi, hubungan antara teknik produksi dengan teknik reservoir, dan aplikasi teknik produksi yang sering dilakukan di lapangan. Adapun tujuan dari penulisan Buku Teknik Produksi Geotermal ini adalah untuk memberikan ilmu dan pengetahuan dasar mengenai teknik produksi geotermal dan aplikasinya di lapangan. Semoga buku ini bermanfaat bagi mereka yang tertarik mempelajari bidang Teknik Produksi Geotermal.

Untuk mendapatkan buku “Teknik Produksi Geotermal,” dapat mengunjungi marketplace resmi geotermal ITB di Shopee: geotermalitb_store / WA 0853-1484-5860

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.