Enter your keyword

Geotermal ITB dan PT Pertamina Geothermal Energy selenggarakan Training Simulasi Reservoir

Geotermal ITB dan PT Pertamina Geothermal Energy selenggarakan Training Simulasi Reservoir

Training Simulasi Geotermal diselenggarakan selama 5 hari, mulai dari tanggal 16 Januari 2023 hingga 20 Januari 2023. Berlokasi di Ruang Eksplorasi, Gedung Energi Lantai 2, program tersebut dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 16.40. Pembukaan training dilaksanakan pada hari Senin, 16 Januari 2023 oleh Ibu Pudyo Hastuti Manager Exploration Geoscience & Reservoir Engineering PT Pertamina Geothermal Energy yang merupakan alumni Geotermal ITB Angkatan 2012 kelas PGE. Secara umum, terdapat beberapa topik yang terbagi dalam lima hari. Topik hari pertama adalah Pemodelan Reservoir Geotermal (Pendahuluan), Model Konseptual Geotermal, dan Prinsip & Metodologi Pemodelan Reservoir Geotermal. Topik hari kedua adalah Metode Simulasi Numerik dan Proses Pemodelan Reservoir. Topik hari ketiga adalah mengenai Pemodelan Reservoir Geotermal Dominasi-Uap dan Latihan Pembangunan Model Reservoir Geotermal Dominasi Uap. Topik hari keempat adalah Pemodelan Reservoir Geotermal Dominasi-Air dan Latihan Pembangunan Model Reservoir Geotermal Dominasi Air. Topik hari terakhir adalah Perhitungan Cadangan dan Case Study: Diskusi dan Pemecahan Masalah. Pengajar yang turut mengisi training ini yaitu Dr. Eng., Ir. Sutopo, M. Eng. merupakan staf pengajar Program Magister Teknik Geotermal ITB dan Ir. M. Ali Ashat, Dipl. Geothermal Tech. merupakan Advisory Board, staf pengajar dan profesional di bidang geotermal.

Peserta Training Simulasi Geotermal sebanyak 12 orang yang terdiri atas sembilan (9) orang dari Fungsi Eksploitasi dan tiga (3) orang dari Fungsi Eksplorasi. Dalam pelaksanaannya, hampir semua peserta terlibat aktif dalam setiap topik ajar baik dalam sesi pengajaran, sesi diskusi, maupun saat sesi simulasi.

output dari training ini diharapkan peserta dapat memahami dasar-dasar mengenai teknik pemodelan reservoir lapangan geotermal, dapat menggunakan simulator TOUGH2 dan Interface software (PetraSim), dapat membangun model reservoir geotermal, dapat melakukan perhitungan cadangan sederhana menggunakan simulasi reservoir.

 

  Foto Bapak Ali saat menyampaikan materiFoto suasana trainingFoto pemberian sertifikatFoto Bapak Sutopo saat menyampaikan materi
Sesi Foto bersama 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.